Senin, 24 Desember 2012

TIPS MEMBELI NETBOOK / NOTEBOOK | VERSI CACOY

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Al-hamdulillah kita berjumpa lagi, moga sobat dalam lindungan Allah SWT.

Kali ini Cacoy akan memberikan tips membeli netbook/notebook  (versi) Cacoy. Yang harus diperhatikan sebelum membeli adalah melihat dulu spesifikasinya (bukan berarti harus ke toko untuk plototin barangnya).

1. Desain Casing
 Sering kali ketika membeli produk tertentu memperhatikan merk (brand) sebagai ajang gengsi ketika bertemu dengan sahabat-sahabat terdekat dan atau menggunakan di tempat-tempat umum. Namun buat Cacoy itu bukan masalah yang terdalam (song) hehehe...
Yang pertama kita perhatikan adalah bentuk/desain netbook/notebook yang kita sukai, jika dirasa sudah cocok dengan gaya bentuk body netbook/notebook tersebut, maka selanjutnya perhatikan poin berikutnya...



2. Processor
 Perhatikan spesifikasi processor seperti tingkatan CPU, misal pada versi intel: intel Atom, intel DualCore, intel Core2Duo, intel Core i3, intel Core i5, dan intel Core i7. Kemudian perhatikan kecepatan dari membaca data, misal 768MHz, 1GHz, dst. Untuk itu pilihlah netbook/notebook yang GHznya paling besar dibanding dengan kelasnya. Misal pada netbook pada umumnya memakai intel Atom dengan kecepatan mulai 1GHz s/d 1,67GHz (mungkin ada yang lebih cepet lagi).

3. Memory
Biasanya pada netbook/notebook ditempelin berapa memory yang terdapat di dalam netbook/notebook tersebut pada bagian bawah keyboard. Nah ini dia cara milihnya. Pilih memory yang 2GB (jika ada), karena sewaktu-waktu kita menggunakan aplikasi yang banyak. Kita juga dapat pilih memory yang 1GB, kemudian kita Upgrade memory kapanpun kita mau, namun perhatikan juga jenis memory yang dipilih. Pilih saja yang DDR3.
Menurut pengalaman Cacoy, mencari memory DDR2 sekarang lagi mulai langka dan harganya juga relatif mahal karena kelangkaan tersebut. Jadi kalo pilih yang memory DDR3, itu lebih mudah dan tentunya lebih murah.

4. Baterai
Baterai merupakan aksesoris yang paling vital bagi pengguna barang elektronik yang menggunakan baterai, terutama pada netbook/notebook. Menurut yang Cacoy ketahui dari membaca buku promosi netbook/notebook, pada netbook 10 inch sudah dijejali baterai 3cell hingga 6cell. Kemudian pada notebook 14inch sudah dijejali baterai 4cell hingga 8cell.
Untuk itu, pilihlah cell baterai yang paling banyak, karena semakin besar kapasitas baterai maka semakin tahan lama pemakaiannya (pada umumnya). Jika netbook/notebook kita lama kehabisan baterai, tentu kita tidak repot memikirkan harus deket-deket listrik untuk ngecas.

Demikianlah Tips membeli netbook/notebook versi Cacoy, jika ada masukan titip aja ama komentar di bawah. Semoga bermanfaat. Mari berbagi pengetahuan untuk yang kebingungan.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih...