Minggu, 13 Mei 2012

PENGANGGARAN PERUSAHAAN


Berikut adalah ringkasan pembelajaran mata kuliah penganggaran perusahaan:

PENGANGGARAN PERUSAHAAN

Anggaran        → suatu pendekatan yang formal dan sistematis daripelaksanaan tanggung jawab   management di dalam perencanaan, koordinasi dan pengawasan.
Misi paparan atau anakan dari visi, sehingga visi dianggap judul besarnya.

Penganggaran  →suatu proses sejak tahap persiapan sebelum dimulainya penyusunan rencana, pengumpulan berbagai data dan informasi yang perlu, pembagian tugas perencanaan, penyusunan rencana sendiri, implementasi dari rencana tersebut sampai pada tahap pengawasan.
Ada 3 hal penyusunan anggaran:
1.      Realistis
2.      Luwes / fleksibel, tidak terlalu kaku dan mempunyai peluang untuk disesuaikan dengan yang berlaku
3.      Continue, berkelanjutan
Jenis-jenis anggaran   - komperehensif
                                 - Parsil / sebagian-sebagian.
Angggaran konferehensif   →anggaran yang disusun dengan ruang lingkup yang menyeluruh mencakupi seluruh akses perusahaan. Baik marketing, bidang produksi, bidang keuangan, bidang personalia, dan admin.
Anggaran parsial               →anggaran yang disusun namun ruang lingkupnya hanya beberapa bahagian saja.

Anggaran Tetap dan Berkelanjutan
Anggaran tetap  → anggaran yang disusun untuk periode waktu tertentu yang mana volumenya sudah tertentu dan berdasarkan volum tersebut direncanakan pendapatan biaya dan beban. Anggaran tetap ini tidak dilakukan revisi anggaran secara periodik.
Anggaran continue→ anggaran yang disusun pada periode tertentu dan berdasarkan volume tersebut diperkirakan. Anggaran ini dapat dilakukan revisi anggaran kembali.
Anggaran dalam dimensi waktu (masa lalu, masa kiini, dan masa akan datang)

{INternal} Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijaksanaan manager dalam perekonomian:
1.      Produk
·         Trend penjualan harga
·         Jenis produk
·         Kualitas
·         Desain
·         Identitas
2.      Pasar
3.      Program distribusi
4.      Program produksi
5.      Program penelitian dan pengembangan
6.      Organisasi
7.      Finansial.

{EXternal} 1. Persaingan
                  2. susah bahan baku
Manfaat anggaran sebagai alat perencanaan dan pengawasan perkembangan anggaran
1.      Anggaran sebagai alat penaksir / perkiraan
Saran   - jenis data yang disediakan / buku yang diediakan
-   Sistem akuntansi keuangan dan sistem akuntansi biaya yang digunakan
-   Sikap management dalam menanggapi adanya perusahaan biaya dan harga
-   Tingkat kewenangan yang diberi pimpinan untuk mengukur anggaran.
2.      Anggaran sebagai plavon dan sekalliggus alat pengatur otorisasi
3.      Anggaran sebagai peningkat efisiensi
Pemilihan manfaat anggaran yang cocok buat perusahaan
ü  Membandingkan persaingan yang dihadapi
ü  Sifat penjualan produk perusahaan
ü  Sifat proses produksi
ü  Tingkat pemanfaatan kapasitas yang ada

Fungsi Anggaran Perusahaan
I.                   Bidang Perencanaan
®  Berdasarkan kegiatan-kegiatan pada pendanaan dan penelitian
®    Mengerahkan seluruh tenaga / kemampuan untuk untuk memperoleh keuntungan
®    Untuk membantu kebijaksanaan-kebijaksanaan perusahaan
®    Menentukan tujuan-tujuan perusahaan
®    Membantu menstabilkan kesempatan kerja yang tersedia
®    Mengefektifkan alat-alat fisik perusahaan
II.                Bidang Kombinasi
®    Membantu mengkordinasikan faktor manusia dan perusahaan
®    Menghubungkan aktifitas perusahaan dengan trend dunia usaha
®    Menempatkan penggunaan modal pada saluran-saluran yang menguntungkan
®    Untuk mengetahui kelemahan-kelemahan dalam organisasi
III.             Bidang Pengawasan
®    Untuk mengawasi kegiatan dan pengeluaran
®    Untuk mencegah keborosan
Kelemahan Anggaran
1.      Anggaran disusun berdasarkan estimasi, seperti : potensi penjualan, maka terlaksananya kegiatan tersebut dengan baik tergantung kepada estimasi tersebut.
2.      Anggaran hanya merupakan rencana.
3.      Anggaran merupakan suatu alat yang digunakan untuk membantu manager dalam melaksanakan tugasnya.
4.      Realisasi tidak 100% sama dengan yang diproyeksikan
Anggaran disusun oleh badan keuangan dan penanggung jawab keuangan

Anggaran Komprehensif terdiri dari:
®    Anggaran penjualan
®    Anggaran produksi
®    Anggaran biaya distribusi
®    Anggaran biaya umum dan administrasi
®    Anggaran give aprosiasi

Fore Cast Penjualan
Fore Casting    : suatu cara untuk mengukur / menaksir misi bisnis di masa mendatang.
Ada 2 metode cara mengukur misi bisnis:
1.      Kuantitatif
2.      Kualitatif
Kualitatif         → pendapat marketing / salesman (target penjualan)
                        → pendapat supervisor sales pada bidang penjuaan
                        → pendapat para ahli (konsultan)
                        → survei konsumen, apa yang diinginkan konsumen
Ada 3 cara menghitung kuantitatif
1.      Penerapan garis trend bebas
2.      Metode trend setengah rata-rata
Trend secara matematis (moment, last square)

~~~~~~ Semoga bermanfaat ~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan kata-kata yang baik, terima kasih...